Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Menggunakan Website Speed

shawsblog.com Website speed atau page speed di halaman situs perlu diperhatikan untuk memastikan pengunjung merasa nyaman terhadap situs web Anda. Semakin cepat akses website maka akan semakin baik perkembangan website tersebut dan tentunya akan mempengaruhi tingkat konversinya.



Pengertian Website Speed

Website speed merupakan kecepatan akses halaman situs website. Kecepatan halaman sangat perlu diperhatikan untuk memastikan pengunjung betah berlama-lama menjelajahi website Anda. Antar menu halaman dari sebuah website juga harus diperhatikan kecepatannya.

Alasan Pentingnya Menggunakan PageSpeed untuk Website

  1. Salah satu isyarat pemeringkatan.

Secara resmi platform Google menyatakan bahwa pagespeed merupakan salah satu isyarat yang digunakan oleh algoritma untuk menentukan peringkat halaman web. Dengan demikian, page speed dapat memberikan dampak yang baik pada peringkat halaman web.

Semakin cepat halaman website dimuat, akan semakin baik pula peringkat yang dihasilkan penelusuran search engine (SERP) dibanding dengan web kompetitor lainnya untuk kata kunci tertentu.

Pemeringkatan akan jadi lebih tinggi lagi jika Anda memakai teknik SEO yang bisa Anda dapatkan dari jasa SEOMEDIA. Teknik SEO menjadi bagian penting untuk meningkatkan website supaya berada di posisi teratas mesin pencarian. Jika page speed pada website cepat, maka website Anda akan terdeteksi oleh mesin pencarian.

Dan jika page speed sudah cepat ditambah dengan SEO yang sudah dioptimasi dengan baik, tentu website Anda bisa berada di halaman pertama bahkan bisa berada di posisi pertama pada halaman pencarian.

  1. Mempengaruhi pengalaman pengguna.

Google akan selalu menekankan pengalaman pengguna atau user experience menjadi lebih baik. Salah satu cara meningkatkan pengalaman para pengguna adalah dengan memastikan halaman web yang Anda miliki dimuat dengan cepat. Pastikan Anda tidak membuat visitor kecewa atau menunggu waktu lama pada sebuah halaman web yang dimuat.

Karena jika waktu loadingnya cukup lama, tentu para pengunjung akan meninggalkan website Anda dan bahkan tidak ingin kembali lagi ke website tersebut.

  1. Mempengaruhi tingkat konversi.

Setiap website dibuat untuk mencapai tujuan tertentu. Untuk e-commerce, halaman website akan menawarkan barang yang dapat dibeli secara online. Terdapat juga situs yang dibuat dengan tujuan supaya visitor bersedia untuk mengisi form, menjawab survei atau mengklik tombol download.

 

Konversi akan terjadi apabila visitor melakukan aktivitas pembelian barang khusus untuk e-commerce dan melakukan aktivitas lainnya yang sudah disebutkan di atas.

Bila halaman web tidak segera dimuat maka kemungkinan besar pengunjung web akan batal mengunjungi situs website Anda. Pihak pengunjung akan merasa kecewa dan kemudian akan kembali lagi ke halaman pencarian atau search engine (SERP) untuk membuka situs website lainnya.

Dari sini potensi kunjungan untuk melakukan aktivitas pada website sudah pasti akan hilang. Tingkat konversi website juga akan semakin rendah.

  1. Mempengaruhi pengindeksan.

Setiap mesin pencari mempunyai robot perayap yang  biasa disebut dengan crawler atau spider. Mesin pencarian seperti Google sudah menetapkan robot perayap tersebut yang dinamakan crawl budget. Crawl budget tersebut adalah list jumlah URL yang crawler atau spider yang bisa atau ingin dirayapi setiap website.

Supaya konten artikel yang Anda buat muncul di hasil pencarian, artikel tersebut harus dirayapi terlebih dahulu, lalu selanjutnya akan diindeks. Bila kecepatan halamannya rendah, maka intensitas perayapan akan mengalami penurunan dan crawl budget akan dicapai sebelum seluruh halaman website benar-benar dirayapi.

Hal ini dapat menyebabkan artikel baru yang akan di indeks jadi lebih lama. Bila ini terjadi, tentu Anda akan kehilangan semua potensi perkembangan website yang Anda miliki.

  1. Faktor yang mempengaruhi page speed.

Sebenarnya, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kecepatan halaman pada website bagus atau tidak. Beberapa diantaranya adalah sistem hosting yang Anda gunakan, gambar yang berlebihan, gambar dengan size besar, iklan website yang terlalu banyak ditampilkan, pemilihan tema website, ekstensi yang digunakan secara berlebihan, dan lain sebagainya.

  1. Cara meningkatkan page speed.

Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kecepatan halaman pada website. Sebagian besar cara yang paling sering digunakan biasanya berkaitan dengan fitur websitenya sendiri. Dengan melakukan mengoptimalkan seluruh bagian website tentu kecepatan seluruh halaman situs akan tetap terjaga kecepatan akses loadingnya.

Website speed harus Anda perhatikan dengan baik supaya para pengunjung tidak langsung meninggalkan halaman situs website, yang disebabkan loading lama antar halaman situs website. Jika kecepatan website tinggi, maka akan semakin tinggi potensi perkembangan website yang Anda miliki.


Posting Komentar untuk "Pentingnya Menggunakan Website Speed"