Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alat Bantu Sitemaps Terbaik

shawsblog.com Seperti toko baru, sitemaps merupakan sebuah papan nama yang berada di bagian depan toko. Masyarakat yang melewati toko tersebut tidak akan mengetahui produk apa saja yang dijual di toko tersebut jika tidak melihat papan nama yang terdapat di bagian depan tadi.



Pengertian Sitemaps

Sitemaps merupakan alat bantu untuk semua pemelihara website yang memberikan segala informasi atau semua jenis file di dalam website Anda, dan juga hubungan antara file-file tersebut. Di dalam sitemaps, terdapat beberapa algoritma di sebuah website yang memperlihatkan link mana yang paling utama dan link apa saja yang baru muncul.

Dari situ, mesin pencari seperti Google secara bertahap akan memperhatikan semua isi konten dan website yang kemudian akan ditampilkan pada SERP.

Fungsi Sitemaps

Seperti yang sudah dijelaskan pada bagian awal, fungsi utama dari sitemaps adalah untuk membuat website jadi lebih mudah diketahui oleh mesin pencarian seperti Google. Selain itu, fungsi sitemaps lainnya adalah supaya website jadi mudah terindeks di dalam situs mesin pencari.

Contohnya saat Anda memiliki website baru dan ingin menginput konten artikel dalam jumlah yang besar, keberadaan sitemaps akan sangat membantu Anda untuk memasukkan konten tersebut ke dalam indeks Google.

Akan tetapi jika Anda lupa membuat sitemaps, maka website akan tetap terindeks Google, namun jangka waktunya tidak bisa cepat dan urutannya juga tidak efektif.

Cara Membuat Sitemaps

  1. Meninjau struktur halaman

Pembuatan sitemaps dimulai dari beranda. Anda harus mengetahui kemana saja beranda Anda terhubung. Mungkin Anda sudah mengetahui opsi menu di situs website, akan tetapi jika sudah menggunakan teknik SEO maka semua halaman tidak bisa dibuat sama. Anda harus mengetahui sejauh mana halaman yang berada di website.

Jika halaman website jauh, maka akan sulit mendapatkan peringkat di mesin pencarian. Menghindari website yang halamannya jauh, Anda bisa menggunakan teknik SEO supaya website berada di posisi pencarian teratas. Jasa SEO seperti SEOMEDIA sudah memahami teknik SEO dengan baik. Pengerjaan SEO, dikerjakan oleh tim yang ahli di bidang SEO.

Anda dapat menggunakan jasa tersebut untuk memastikan website supaya berada di bagian atas pencarian dan sudah pasti akan dikunjungi banyak orang.

2.     Code URL Anda

Jika Anda sudah menjelajahi serta mengidentifikasi seluruh halaman website untuk selanjutnya  Anda dapat membuat kode URL. Cara yang perlu dilakukan adalah dengan memformat semua URL dengan tag XML. Jika Anda mempunyai pengalaman sistem coding HTML, akan jadi lebih mudah bagi Anda. ML merupakan singkatan bahasa markup yang sama juga dengan HTML.

Anda dapat memulainya dengan cara membuat file XML dari Teks Sublime yang merupakan editor teks tempat Anda membuat file tersebut. Kemudian Anda dapat menambahkan kode yang sesuai dengan setiap URL.

      lokasi

      terakhir diubah

      frekuensi yang berubah

      prioritas halaman

3.     Validasi kode

Sering kali disaat Anda membuat kode secara manual, kesalahan pembuatan dari diri sendiri juga akan selalu terjadi. Akan tetapi, supaya sitemaps Anda dapat berfungsi dengan baik, Anda harus benar-benar memperhatikan coding tersebut. Usahakan untuk menghindari kesalahan saat melakukan coding.

Untuk terhindar dari kesalahan tersebut terdapat alat yang dapat membantu Anda memvalidasi kode dan memastikan sintaks sudah benar. Ada beberapa perangkat lunak yang tersedia secara online untuk dapat membantu Anda melakukan tersebut.

Anda hanya perlu menjalankan pencarian Google dengan cepat untuk melakukan validasi sitemaps, dan Anda akan menemukan sesuatu yang dapat Anda gunakan untuk melakukan validasi kode.

4.     Tambahkan sitemaps ke root dan robots.txt

Temukan folder root situs website Anda dan tambahkan sitemaps ke folder. Dengan melakukan hal ini sebenarnya akan menambah halaman ke website Anda. Perhatikan bentuk dan hierarki logika dari setiap bagian.

5.     Submit sitemaps Anda ke Google

Sekarang sitemaps Anda sudah dibuat dan ditambahkan ke file website Anda. Untuk selanjutnya Anda dapat mengirimkannya ke mesin pencarian. Untuk melakukan hal tersebut, Anda harus melalui  platform Google Search Console.

Setelah Anda berada di panel konsol pencarian, navigasikan ke Crawl> sitemaps. Selanjutnya, Anda bisa langsung mengklik Tambah  atau Uji Peta Situs di bagian kanan atas layar.

Sitemaps sangat diperlukan untuk memudahkan mesin pencari seperti Google mendeteksi halaman website Anda. Sitemaps ini juga termasuk bagian dari teknik SEO. Untuk itu Anda perlu mengoptimalkan SEO dan sitemaps dengan baik supaya website bisnis Anda mengalami perkembangan.

Jika bingung mengelolanya sendiri, maka Anda bisa memanfaatkan jasa SEO SEOMEDIA. Dimana jasa layanan tersebut telah melayani klien di berbagai kota di Indonesia untuk melakukan optimasi website dan pelayanan lainnya, agar website dapat muncul di halaman pertama Google.

Posting Komentar untuk "Alat Bantu Sitemaps Terbaik"