Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PBN (Private Blog Network) untuk SEO

shawsblog.com Mendapat peringkat pertama pada search engine adalah sesuatu yang banyak diimpikan oleh para pemilik website. Untuk menaikkan peringkat dari website yang Anda miliki, sebenarnya terdapat banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan hal tersebut. PBN (Private Blog Network) merupakan salah satu cara yang dapat Anda coba karena cara ini cukup populer.



Apa itu PBN (Private Blog Network)?

PBN merupakan salah satu cara backlink yang biasa digunakan untuk membuat website menjadi lebih optimal. Meskipun termasuk salah satu teknik lama, akan tetapi hingga saat ini masih banyak orang yang menggandrungi. Alasan seseorang menggunakan teknik ini dapat membuat ranking website naik. Sehingga apabila jasa backlink PBN banyak dipilih orang bukan sesuatu yang mengherankan.

Pada dasarnya privat blog network adalah suatu jaringan pada blog yang akan mendorong backlink pada website utama. Pengertian dari backlink sendiri adalah suatu link yang sengaja diletakkan dalam beberapa website yang berbeda dengan tujuan untuk diarahkan kembali pada situs yang dalam tahap optimasi.

Penerapan teknik ini membutuhkan pengelolaan yang handal karena prosesnya pengerjaannya tidak hanya sekali namun berkelanjutan. Untuk pemula yang ingin membuat peringkat website pada peringkat atas, Anda tidak disarankan menggunakan teknik ini, karena masuk dalam Grey hat Method atau ranah abu-abu.

Karena apabila tidak ditangani secara profesional, google dengan mudah mendeteksi adanya manipulasi link building. Apabila hal ini terjadi, secara otomatis website Anda akan tersingkirkan. Untuk memahami PBN SEO tidak hanya cukup mengetahui pengertiannya saja. Akan tetapi, lebih penting dari itu Anda harus memahami karakteristik teknik tersebut seperti:

1. Optimalkan Pemanfaatan Expired Domain

Cara kerja PBN yaitu memanfaatkan domain lama yang sudah tidak digunakan. Akan tetapi, sudah terindeks oleh mesin pencarian. Sehingga, domain yang dimanfaatkan memiliki pengaruh yang lumayan kuat dalam mendorong website utama. Untuk mendapatkan domain lama yang expired sangat beragam. Dapat menggunakan jasa domain auction atau buy back domain.

Cara lain yang bisa digunakan yaitu dengan memanfaatkan tools. Beberapa tools yang direkomendasikan yaitu expireddomains.net, freshdrop.com, prdrop.info, serta domcop.com. Terdapat beberapa kriteria yang harus dipenuhi dalam memilih nama domain. Yang pertama Anda harus memastikan nama domain harus sesuai dengan niche yang ada.

Cara pertama tersebut tidak begitu wajib Anda lakukan, namun bisa membuat proses optimasi lebih cepat. Kemudian yang kedua adalah memeriksa nama domain apakah masih terindeks ataupun tidak. Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah profil dari backlink dengan dibuktikan adanya angka trust ratio dan trust flow.

Angka trust ratio pada umumnya harus melebihi angka 0,5 dan untuk angka trust flow harus melewati angka 8. Dan cara terakhir adalah Anda harus memastikan bahwa domain yang akan digunakan mempunyai riwayat yang aman, atau bukan suatu website yang dilarang.

2. Mempunyai Banyak Jaringan yang Tidak Terhubung

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa backlink memerlukan banyak website supaya dapat terbentuk suatu jaringan. Untuk itu, Anda perlu membangun PBN yang lebih dari satu. Karena apabila jumlahnya semakin banyak, maka akan semakin memiliki peluang yang baik untuk dapat membuat website utama lebih terkenal.

Untuk menyamarkan keberadaan backlink, setiap PBN sebaiknya tidak dihubungkan antara yang satu dengan yang lainnya. Kemudian isi dari konten yang dibuat antara website utama dengan website pendukung juga tidak harus sama. Namun, kualitas harus tetap diperhatikan khususnya untuk website utama.

3. Register Domain serta Hosting yang Digunakan Tidak Sama

Google secara pasti akan melakukan pelacakan secara manual. Untuk membuat situs web Anda lolos dari pelacakan ini maka untuk setiap website pendukung harus menggunakan hosting serta register yang memang berbeda. Sehingga PBN akan terlihat seperti situs pribadi yang dimiliki oleh pengelola yang berbeda. Supaya hal ini dapat berhasil, Anda tentu membutuhkan tenaga ahli.

Dengan menggunakan PBN, selain keuntungan yang akan Anda dapatkan, Anda juga pasti mendapatkan kekurangan seperti. Keuntungan yang Anda dapatkan salah satunya yaitu PBN terbukti efektif bisa membuat traffic website meningkat dan membuat jumlah pengunjung website menjadi semakin banyak.

Sedangkan kekurangan menggunakan teknik ini yaitu akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuat website pendukung mengingat jumlahnya yang tidak sedikit. Selain itu konten yang dimuat juga harus diperhatikan dan dibuat berbeda. Selain harus mengupload konten secara rutin. Anda juga harus memperhatikan kualitasnya.

Apabila Anda tetap ingin menggunakan PBN (Private Blog Network) untuk mengoptimalkan website, Anda bisa mempercayakannya kepada jasa SEOMEDIA kami. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi website resminya di https://seomedia.co.id/.

Posting Komentar untuk "PBN (Private Blog Network) untuk SEO"