Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memahami Tools Disavow Backlinks

shawsblog.com Disavow backlinks merupakan bagian dari teknik untuk mengoptimasi website atau SEO, sebagian dari Anda mungkin kurang memahami hal tersebut. Anda dapat memahami tools yang satu ini dengan baik supaya Anda mengerti sebagian dari teknik pembuatan SEO yang nantinya dapat membuat website berkembang dengan baik.

 


Pengertian Disavow Links

Disavow links berasal dari platform Google yang berfungsi untuk menolak link yang mengarah ke situs web Anda. Lebih singkatnya, alat tersebut digunakan untuk menolak backlink yang masuk ke web Anda.

 

Backlink adalah sebuah link dari website lain yang mengarahkan para pengunjung ke website Anda. Di era algoritma yang dibuat Google, backlink ditolak dikarenakan situs tersebut terdeteksi  atau dianggap spam oleh pihak Google. Jika backlink ditolak, maka akan mengalami penurunan peringkat.

 

Anda dapat menggunakan tools disavow backlink saat Anda merasa ada backlink yang dapat mempengaruhi peringkat website yang Anda miliki. Misalnya peringkat website jadi turun atau bahkan hilang dari halaman mesin pencarian.

 

Cara Mengecek Website Terkena Serangan Backlink Spam

 

Anda wajib melakukan pengecekan,  jika peringkat website mengalami penurunan. Pengecekan yang harus dilakukan adalah:

 

      Memastikan server masih dalam keadaan bagus, tidak mengalami down atau yang biasanya sering disebut dengan server down. Lakukan pengecekan dengan cara mengakses website tersebut, jika akses website dalam keadaan normal, maka bisa dipastikan bukan ini penyebab website turun peringkat.

 

      Mengecek website terkena hack atau tidak. Anda bisa menggunakan hosting tertentu yang mempunyai layanan untuk mengecek masalah hack pada website. Akan tetapi biasanya layanan hosting, selalu memberitahukan kepada Anda apabila situs web yang Anda miliki terkena hack.

 

Akan tetapi jika tidak terkena hack, atau server tidak down Anda wajib mengeceknya melalui perangkat di bawah ini disertai dengan cara penggunaanya.

 

Masuk ke Google Search Console syarat utamanya adalah website Anda sudah terdaftar di platform Google tersebut. Jika belum, maka datanya tentu tidak bisa ditampilkan.

 

Klik link yang berada di menu kiri. Di bagian bawah top linking sites terdapat tulisan more, Anda bisa langsung mengklik tulisan tersebut supaya list website yang melakukan backlink ke website Anda bisa terbuka. Setelah itu Anda wajib melakukan pengecekan satu persatu terhadap website yang mungkin Anda curigai.

 

Cara Menghindari Backlink yang Merugikan

Untuk menghindari backlink yang dapat merugikan situs web, Anda bisa memfokuskan optimasi website dengan baik. Anda dapat memperbaiki SEO on page atau SEO off page untuk memastikan situs Anda mempunyai kualitas konten dan fitur web yang jauh lebih menarik dibanding dengan website pesaing lainnya.

 

Seo on page merupakan teknik optimasi yang pengerjaan dilakukan di dalam website sedangkan SEO of page dilakukan di luar website. SEO tersebut dilakukan untuk memastikan situs berada di posisi pencarian teratas. Dengan SEO Anda dapat membuat konten yang jauh lebih berkualitas dibanding dengan konten yang tidak menggunakan teknik SEO.

 

Jika Anda kurang memahami teknik optimasi SEO Anda bisa meminta bantuan pihak jasa SEOMEDIA untuk mengoptimalkan SEO website Anda. Jasa tersebut sangat handal dalam mengoptimalkan website. Anda juga dapat berkonsultasi mengenai kebutuhan website yang diperlukan untuk menaikkan rating pada mesin pencarian.

 

Penggunaan Google Disavow Links

Jika Anda sudah membuat list backlink spam pada website, Anda dapat menggunakan Google Disavow Links untuk menghapus semua link spam yang sudah Anda kumpulkan sebelumnya. Berikut caranya:

  1. Gunakan aplikasi Notepad untuk membuat list link spam.
  2. Buat daftar link spam di notepad dengan format link sebagai contoh: http://spam.contoh.com/stuff/spam-web.html format ini dapat digunakan untuk menghapus setiap url.

Sedangkan untuk domain Anda dapat contoh formatnya: flav23ins.net yang berguna untuk menghapus semua backlink dari 1 website.

  1. Mengupload list yang sudah Anda buat ke platform Google Disavow Links. Anda bisa langsung membuka perangkat tersebut dan memilih website yang perlu Anda hapus backlinknya. Lalu langsung mengklik disavow links. Jika sudah, klik “Choose File” dan pilih file yang sebelumnya sudah Anda persiapkan. Lalu klik submit.

Posting Komentar untuk "Memahami Tools Disavow Backlinks"