Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Google Search Console untuk Mengoptimalkan Website

shawsblog.com Google Search Console atau GSC merupakan sebuah tool webmaster yang disediakan platform Google secara gratis untuk membantu semua pemilik website mengidentifikasi segala performa dan juga melakukan optimasi website dengan baik.



GSC dapat dikatakan sebagai alat monitor web yang memiliki fungsi untuk mengetahui performa di dalam sebuah website. Dengan GSC Anda dapat mengetahui performa website, referring domain, trafik website, mengetahui keyword terpopuler, performa website di perangkat mobile, eksternal atau internal link dan lain sebagainya.

Fungsi GSC

GSC mempunyai banyak fungsi dan berbagai macam manfaat yang dapat membantu para webmaster meningkatkan kinerja website. Berikut ini manfaat penggunaan GSC:

  1. Mengidentifikasi performa website

Search Console merupakan tools khusus para webmaster supaya bisa mengetahui performa dari website yang sedang dikelola. GSC mempunyai sebuah menu yang sangat berguna untuk mengidentifikasi performa dari website.

Dengan GSC pemilik website jadi bisa mengetahui jumlah trafik, keyword yang sedang populer, broken link dan juga berbagai matriks seperti impression, page rank, CTR, dan lain sebagainya. 

  1. Inspeksi URL

Jika Anda mempunyai sebuah postingan baru di website namun lama di bagian index search engine, maka Anda dapat menggunakan GSC, untuk menginspeksi URL baru supaya bisa cepat terindex.

Walaupun sudah terdapat sitemap yang memiliki fungsi untuk memeriksa URL secara otomatis, terkadang sitemap mengalami error sehingga tidak bisa melakukan inspeksi URL. Maka dari itu Anda dapat melakukan inspeksi URL yang baru dengan menggunakan search console supaya postingan Anda dapat  terindex dengan cepat.

  1. Mengetahui Internal dan Eksternal Link

Dengan GSC Anda dapat mengetahui bagian eksternal dan juga internal link. Anda jadi bisa mengetahui backlink dari website yang Anda punya. Hal ini tentu akan sangat membantu Anda dalam memonitor dan mengelola link pada website Anda.

Fitur ini juga bisa membuat Anda mengetahui disavow backlink spam yang masuk pada website. Backlink spam bisa  berdampak buruk pada website, Dengan GSC Anda jadi bisa memantau backlink yang mengarah pada website.

  1. Submit Sitemap Website

Kegunaan sitemap adalah untuk mengetahui URL yang terdaftar di dalam situs website. Sitemap akan memberitahu mesin pencarian seperti Google bahwa terdapat URL baru pada sebuah website. Namun untuk mengetahui URL tersebut Anda harus submit Sitemap terlebih dahulu melalui GSC.

Setelah submit Sitemap website, maka secara otomatis URL terbaru akan diamati oleh Google  dan dapat terindeks dengan sendirinya. Akan tetapi jika hanya berdasarkan sitemap saja kemungkinan website milik Anda hanya terindeks tetapi tidak bisa mencapai posisi pencarian teratas.

Supaya bisa mencapai posisi teratas Anda harus menggunakan teknik SEO. SEO menjadi bagian penting terhadap situs website supaya bisa mencapai pencarian tertinggi di mesin pencarian. Untuk mempelajari teknik SEO, Anda tentu memerlukan waktu yang cukup supaya bisa memahami dasar-dasar, hingga bagian tertinggi teknik tersebut.

Jika Anda tidak memiliki waktu untuk mempelajari teknik SEO, Anda bisa menggunakan jasa SEOMEDIA untuk mengoptimasi SEO website. Pengerjaannya sangat cepat, konten berupa artikel yang dihasilkan juga akan bersangkutan dengan SEO yang sudah dioptimalkan. Dengan begitu, website Anda bisa mencapai posisi tertinggi di mesin pencarian seperti Google.

  1. Menghapus Index Google

Anda baru saja menghapus postingan, akan tetapi hasil pencarian tetap muncul, dan menyebabkan halaman not found tampil di layar. Untuk mencegah hal tersebut terjadi Anda dapat menggunakan GSC sebagai penghapus index postingan yang sebelumnya sudah hapuskan.

Panduan Menggunakan GSC

  1. Membuka halaman GSC

Di halaman tersebut Anda akan diberikan informasi mengenai GSC. Klik “Mulai Sekarang” untuk mendaftarkan website.

 

  1. Mendaftarkan Website

Bila Anda sudah menemukan halaman admin, langkah yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah memasukkan nama domain ke dalam kolom supaya Anda bisa menganalisa website & menuju ke proses selanjutnya.

 

Terdapat 2 yaitu Domain dan URL Prefix yang bisa Anda daftarkan ke GSC. Jika Anda mempunyai beberapa subdomain, Anda bisa memilih Domain, tetapi jika Anda hanya memiliki 1 website dalam 1 domain, Anda bisa memilih URL prefix untuk didaftarkan ke GSC.

 

  1. Verifikasi Domain

Untuk melakukan verifikasi ada beberapa pilihan verifikasi yang harus Ada pilih. Anda bisa menggunakan sistem verifikasi melalui HTML file dan HTML Tag. Kedua pilihan domain tersebut paling mudah dilakukan.

Google Search Console akan sangat membantu Anda, untuk mengoptimalkan website supaya dapat berfungsi dengan baik. Anda jadi bisa lebih mudah dalam mengelola dan memonitor website dengan bantuan dari GSC.

Posting Komentar untuk "Google Search Console untuk Mengoptimalkan Website"