Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menurunkan Spam Score Website

shawsblog.com Istilah spam score website mungkin menjadi sesuatu yang sangat terasa familiar bagi Anda yang sudah terbiasa mengecek performa dari website. Biasanya apabila di cek menggunakan Mozbar spam score berada pada sebelah kanan dari DA yang berupa angka persentase.



Apa itu Spam Score?

Spam Score atau yang biasa disebut dengan Skor Spam merupakan suatu algoritma milik Moz untuk menilai apakah website tersebut pantas disebut spam sehingga akan membuat reputasi yang buruk di mata Google. Untuk itu, terdapat beberapa faktor dari Moz yang digunakan untuk mengetahui apakah suatu website memiliki kecenderungan spam atau tidak.

Apabila ciri-ciri spam yang dimiliki website tinggi maka akan semakin tinggi pula nilai spamnya. Namun, yang harus Anda garis bawahi adalah meskipun nilai spamnya tinggi, hal ini tidak berarti menunjukkan bahwa website terindikasi sebagai pelaku spam. Namun, perlunya dilakukan penyelidikan oleh pemilik website pada relevansi serta kualitas situs.

Cara Menurunkan Nilai Spam yang Tinggi

1. Halaman yang Ditemukan Sedikit

Hal ini berarti Anda harus membuat sedikit halaman pada satu nama domain. Suatu website yang memiliki sedikit atau bahkan website memiliki banyak halaman yang tidak ditemukan biasanya mengalami broken link. Apabila terjadi hal ini harus segera diperbaiki.

Beberapa situs memang mempunyai tipe microsite, hal ini berarti bahwa situa mempunyai konten yang sedikit. Untuk situs yang baru mungkin masih dimaklumi, akan tetapi untuk situs yang yang sudah lama dan mapan namun memiliki sedikit halaman tentu dapat membuat Moz dan google menjadi curiga.

2. Hindari Penggunaan TLD yang Mengarah ke Spam

Cara selanjutnya untuk menurunkan nilai spam yaitu dengan menghindari domain yang menggunakan ekstensi yang berbau spam. Sepuluh besar TLD yang banyak digunakan oleh website seperti .us, .top, .gdn, .science, .stream, .biz, .cliz, .study, .download, dan .accountant.

Data tersebut didapatkan dengan melihat kurang dari 600 situs, apabila Anda sekarang menggunakan TlD .com sebagai domainnya maka hal ini merupakan suatu pilihan yang paling aman.

3. Pemilihan Panjang Domain dan Nama

Pada domain maupun sub domain, hindari penggunaan frasa keyword. Selain itu penting juga untuk menghindari penggunaan nama pada domain yang terlalu pendek atau terlalu panjang.

4. Hindari Domain dengan Angka

Memang dapat Anda ketahui banyak situs yang menggunakan angka pada URL website dan baik- baik saja. Akan tetapi, mempunyai beberapa angka pada URL bisa menunjukkan bahwa situs tersebut memiliki potensi spam.

5. Gunakan SSL

Penggunaan HTTPS atau SSL dari beberapa tahun yang lalu memang sudah disarankan oleh Google dari beberapa tahun yang lalu. Kemudian situs yang menggunakan https dapat disebut mempunyai satu jaminan yaitu website aman untuk dikunjungi.

6. Tunjukkan Informasi Kontak

Menampilkan halaman yang berisi about us yang di dalamnya terdapat beberapa informasi kontak dengan website menjadi hal yang penting. Karena dengan menampilkan informasi terkait alamat email hingga nomor telepon apabila memang dibutuhkan serta linkedin. Hal ini sebagai indikator bahwa website yang dikelola mempunyai tujuan yang jelas.

7. Hindari Penggunaan Meta Tag yang Berlebihan

Penggunaan meta tag yang berlebihan sebaiknya Anda hindari. Mungkin cara ini masih digunakan beberapa tahun yang lalu, yaitu dengan memasukkan banyak keyword pada meta tag. Sekarang apabila cara ini masih digunakan, angka spam pasti akan tinggi dan dengan cepat google akan mencurigai website Anda.

Untuk meta description serta meta keyword buatlah sesuai dengan apa yang direkomendasikan oleh pihak SEO. Anda tidak perlu menggunakan terlalu banyak keyword, hindari juga penggunaan meta deskripsi yang terlalu pendek maupun terlalu panjang.

8. Otoritas serta Lalu Lintas yang Rendah

Apabila domain authority serta lintas website yang sedikit. Maka strategi baru harus segera Anda susun. Untuk memulainya Anda bisa menerapkan strategi dari SEO on page yang memiliki kekuatan penuh. Sedangkan Anda bisa mengoptimasi halaman dengan cara backlink yang relevan dan berkualitas.

Dengan menggunakan tips ini bisa jadi Anda tidak akan mendapatkan secara instan. Akan tetapi Anda harus memulainya segera. Penting juga untuk Anda ketahui bahwa melakukan pemfilteran ulang akan mendapatkan feedback yang baik.

Dengan mengetahui bagaimana spam score website kami dapat belajar lebih jauh. Apabila dalam melakukannya Anda bisa menggunakan jasa dari SEOMEDIA.

Posting Komentar untuk "Cara Menurunkan Spam Score Website"